TAHUN AJARAN BARU SIAP MENJADI GURU YANG MEMIKAT DAN MENYENANGKAN

Momen pertama yang berharga. Tahun ajaran baru segera tiba, guru, siswa dan insan pendidikan mempersiapkan diri menyambutnya. Evaluasi tahun sebelumnya menjadi keniscayaan kita untuk tahun ajaran baru yang berbeda, tanpa evaluasi kita tidak bisa melakukan perbaikan. Guru harus mempersiapkan seperangkat sistem pembelajaran terbaik dengan harapan memperoleh hasil yang terbaik pula. Melihat tantangan yang semakin liar menuntut kesungguhan dan komitmen kita sebagai pendidik, serta inovasi dan kreatifitas tanpa henti. Ungkapan populer “kesan pertama begitu menggoda” harus nenjadi pijakan kita dalam melangkah, terpatri dalam sanubari yang kokoh untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.

Hari pertama masuk sekolah adalah momen berharga, yang bisa menjadi momen menentukan langkah selanjutnya dalam proses pendidikan. Kesiapan fisik dan mental menjadi hal yang utama, karena guru akan menjadi sutradara dalam proses pembelajaran. Dalam mengemban tugas mulia seorang guru ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki, dan Kemampuan tersebut diantaranya :

1. Penampilan menarik

Guru membuat kesan menarik di pertemuan pertama. Berpenampilan adalah hal yang sangat penting diperhatikan, bukan saja agar diperhatikan oleh orang lain tetapi penampilan kita akan bernilai ibadah jika bisa membuat orang lain tersenyum dan bahagia. Begitu juga dengan guru, bukan dengan penampilan ala kadarnya dengan kondisi yang biasa saja. Dengan penampilan yang maksimal membuat diri kita lebih percaya diri. Pesona yang terpancar akan membuat pesona yang menarik bagi yang melihatnya, mendengar dan merasakan aroma wangi berasal dari tubuh kita. Dengan penampilan yang rapi, wangi akan menjadikan peserta didik dekat dengan kita dan dibarengi dengan tutur kata yang santun dan sopan, terpancarlah pesona dan wibawa seorang guru.

2. Menguasai kompetensi

Menurut UU No. 14 tahun 2005 seorang guru harus harus memiliki kompetensi yang berkaitan dengan tugasnya antara lain, kompetensi pedagogic, maksudnya adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik. Kedua, kompetensi kepribadian, maksudnya adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Ketiga, kompetensi profesional, maksudnya adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam. Keempat, kompetensi sosial, maksudnya adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, serta orang tua /wali peserta didik dan masyarakat sekitar.

3. Disiplin

Disiplin diartikan sebagai suatu rasa patuh dan taat yang muncul disebabkan adanya kesadaran serta dorongan yang terjadi dalam diri seseorang. Bagi Guru, disiplin waktu dalam mengajar adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa. Guru harus menjadi panutan dan tauladan bagi setiap muridnya, jadi dengan demikian setiap murid akan mempunyai motivasi untuk belajar lebih giat. Kedisiplinan guru akan memotivasi belajar siswa yang akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Demikian pula sebaliknya jika guru tidak disiplin akan berpengaruh pada hasil belajar siswanya. Untuk itu, disiplin guru dituntut untuk dalam hal waktu mengajar supaya tujuan yang diharapkan bisa dicapai dengan baik.

Maka dari itu diharapkan setiap guru mempunyai kemampuan seperti yang tersebut diatas untuk mendidik dan menyiapkan generasi yang lebih baik dari para pendahulunya. Generasi yang siap menghadapi tantangan zaman yang lebih liar dari yang kita hadapi saat ini. Selamat menyambut tahun ajaran baru 2017-2018.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s