KEBERSAMAAN MELAHIRKAN PERADABAN. 

Tolong menolong merupakan kekuatan manusia untuk membangun eksistensi. Tindakan Sosial salah satu tabiat makhluk Allah yang menjadikannya mampu untuk bertahan hidup, termasuk manusia. Kemampuan seseorang terbatas dalam pemenuhan kebutuhannya, menjadikan manusia sebagai makhluk sosial, Makhluk yang membutuhkan makhluk lain dalam kesehariannya. Kita bisa lihat dari kebutuhan primer, makan, bahan makanan yang kita peroleh merupakan Hasil dari satu rangkaian Kerja yang dilakukan oleh banyak orang. Misal beras, dari proses menanam, merawat, memanen dan menggiling / menumbuk membutuhkan tangan/alat lainnya. Sampai kepada beras lalu dimasak dan jadi nasi kemudian dimakan oleh manusia. Proses dari awal sampai menjadi nasi membutuhkan Kerja sama atau tolong menolong, baik dilakukan oleh manusia ataupun alat. 

Peradaban, kemajuan lahir batin manusia (KBBI), bisa dibangun dengan saling melengkapi kekurangan yang ada dalam struktur sosial. Dalam masyarakat yang multi kemampuan, baik kemampuan fisik maupun psikis bisa muncul sebuah peradaban baru yang di lahirkan, dengan catatan dalam masyarakat ada aktivitas gotong royong, tolong menolong dan toleransi yang mapan. Karena peradaban merupakan Hasil komunal dari banyak orang, dan peradaban tidak dibangun tanpa gotong royong. Manusia diberikan kekhususan hidayah untuk tunduk dan patuh kepada Allah SWT, kekhususan yang diberikan berupa akal dan daya pikir. 

Peradaban manusia dibangun dengan kekuatan akal dan pikiran manusia dengan jalan kebersamaan, interaksi antar sesama merupakan bagian penting yang harus diciptakan. Kebersamaan merupakan keharusan untuk lahirnya peradaban baru. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s