KEBERHASILAN ISKANDAR MUDA MEMIMPIN ACEH

Pada awal abad XVII, penguasa terbesar diantara penguasa – penguasa aceh, iskandar muda (1607 – 36) dalam waktu singkat membentuk aceh menjadi negara yang paling Kuat di Nusantara bagian barat. Keberhasilan – Keberhasilannya didasarkan pada kekuatan militer yang mengesankan, angkatan laut yang memiliki kapal-kapal besar yang mampu mengangkut 600-800 orang prajurit, pasukan kaveleri yang diantarnya menggunakan kuda-kuda persia, satuan pasukan gajah, arteleri yang banyak dan pasukan – pasukan milisi infanteri. Pada Tahun 1612 dia berhasil merebut deli dan kemudian aru pada tahun 1613. Pada Tahun yang sama dia juga menyerang dan berhasil mengalahkan johor. 

Pada tahun 1614, dia berhasil mengalahkan armada portugis di bintan. Pada Tahun 1617,dia berhasil merebut pahang dan memboyong penguasannya, sultan ahmad syah. Pada tahun 1620, kedah berhasil di taklukkannya. pada tahun 1623, dia merampok lagi ibu Kota johor. pada tahun 1624/5, dia berhasil merebut nias. 

Iskandar muda telah berhasil membentuk aceh sebagai kekuasaan yang tertinggi atas pelabuhan-pelabuhan perdagangan yang penting di sumatera bagian utara. 

Keberhasilan iskandar muda membangun aceh tidak lepas dari usahanya membentuk kekuasaan militer yang Kuat. Kuatnya militer didukung oleh penguasa pusat yang Kuat juga, penguasa pusat yang Kuat tergantung pada keahlian dalam mempertahankan berlakunya konsensus dikalangan elit. 

Hikmah yang bisa kita ambil dari Keberhasilan iskandar muda diantarnya kecakapan seorang pemimpin dalam menjalankan amanah, cakap artinya mampu menerjemahkan visi kerajaan, dan diejawantahkan dalam misi yang terukur, dan yang tidak kalah penting itu harus melibatkan semua komponen yang ada. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s