KLASIFIKASI ILMU MENURUT IBNU KHALDUN. 

Dalam Pandangannya mengenai materi pendidikan, ibnu khaldun telah mengklasifikasikan ilmu pengetahuan yang banyak dipelajari manusia menjadi dua macam yaitu:

1. Ilmuilmu tradisional (naqliyah) 

Ilmu naqliyah adalah yang bersumber dari al Qur’an dan hadits yang dalam hal ini peran akal hanyalah menghubungkan cabang permasalahan dengan cabang utama, karena informasi ilmu ini berdasarkan kepada otoritas syariat yang diambil dari al Qur’an dan hadits. Apapun yang termasuk kedalam ilmu – ilmu naqliyah itu antara lain: ilmu tafsir, ilmu qiraat, ilmu hadits, ilmu ushul fiqih, ilmu fiqih, ilmu kalam dan ilmu ta’bir mimpi. 

2. Ilmu – ilmu filsafat atau rasional (aqliyah

Ilmu ini bersifat alamin bagi manusia, yang diperolehnya melalui kemampuannya untuk berfikir. Ilmu ini dimiliki semua anggota masyarakat didunia, dan sudah ada sejak mula kehidupan peradaban umat manusia di dunia. Menurut ibnu khaldun ilmu – ilmu filsafat ini di bagi menjadi empat macam ilmu yaitu :

1. Ilmu logika

2. Ilmu fisika 

3. Ilmu metafisika

4. Ilmu matematika 

Setelah mengadakan Penelitian, maka ibnu khaldun membagi ilmu berdasarkan kepentingannya bagi anak didik menjadi empat macam, yang masing-masing bagian diletakkan berdasarkan kegunaan dan prioritas mempelajarinya. Empat macam pembagian itu adalah:

1. Ilmu agama (syariat), ya terdiri dari tafsir, hadits, fiqih dan ilmu kalam. 

2. Ilmu ‘aqliyah, yang terdiri dari ilmu kalam, (fisika), dan ilmu ketuhanan (metafisika). 

3. Ilmu alat yang membantu mempelajari ilmu agama (syariat), yang terdiri dari ilmu bahasa arab, ilmu hitung dan ilmu – ilmu lainnya yang membantu mempelajari agama. 

4. Ilmu alat yang membantu mempelajari ilmu filsafat, yaitu logika. 

Menurut ibnu khaldun, kedua kelompok ilmu yang pertama itu adalah ilmu pengetahuan yang dipelajari karena faidah dari ilmu itu sendiri. Sedangkan kedua ilmu pengetahuan yang terakhir (ilmu alat) adalah alat untuk mempelajari ilmu pengetahuan golongan pertama. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s