IBNU KHALDUN DAN PENDIDIKAN NIRKEKERASAN

Sikap keras dalam mendidik berakibat buruk bagi murid, barangsiapa yang tumbuh dalam pemaksaan dan penindasan, maka akan membuat menjadi orang-orang keras dan berkepribadian sempit, kurang giat dan tidak dapat tumbuh dengan baik. Hal tersebut juga dapat membuat suka berbohong, pemalas dan perbuatan buruk lainnya. 

Kekerasan dalam pendidikan dapat membuat orang secara tidak langsung belajar melakukan tipuan daya, yang menjelma menjadi perilaku dan kebiasaan. Dengan demikian, hilanglah makna kemanusiaan yang ada padanya. Rasa sosial dan kelembutan berubah menjadi kesombongan dan sikap mempertahankan diri. 

Bahkan ia enggan mencari keutamaan – keutamaan dan perilaku baik, sehingga ia semakin menjauh dari tujuan hidupnya sebagai manusia dan terpuruk menjadi seburuk-buruk manusia. Hal ini akan terjadi pada setiap umat yang terbiasa dipaksa dan ditindas. Semua itu disebarkan oleh hal yang telah disebutkan diatas, hendaknya sikap seorang pengajar kepada murid dan sikap orang tua kepada anaknya tidak sewenang – wenang dalam mendidik. 

Untuk menjaga diri dari buruk nya pendidikan, maka kadar yang telah di jelaskan oleh agama lebih layak untuk diikuti. Sebab dialah Dzat yang lebih mengetahui kemaslahatan makhluk Nya. 

Pesan Ibnu khaldun kepada pendidik (guru dan orang tua) :

“jangan sampai ia bersamamu kecuali ia mendapatkan sesuatu yang bermanfaat baginya tanpa membuat sedih, sehingga dapat mematikan hatinya. Kuatkanlah ia semampumu dengan menggunakan pendekatan dan kelembutan. Apabila ia membangkang, barulah engkau boleh melakukan tekanan

“Diambil dari buku Muqaddimah hal. 1007″

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s