ISLAM DAN KEKUASAAAN (Setting sejarah abad 1 H) 

​Suksesi kepemimpinan dalam Islam selalu ada pertumpahan darah, sejak khulafaurrasyidin ke tiga Utsman bin affan peralihan kekuasaan ke khalifah ke empat Ali bin Abi Thalib mulai meneteskan darah, darah sesama muslim. 

Menurut hemat saya dalam catatan sejarah kepemimpinan menjadi bagian yang menarik untuk diperebutkan, peristiwa yang paling kejam terjadi pasca kekhalifahan khulafaurrasyidin, yaitu dari ali bin abi thalib ke muawiyah, kejadian itu melibatkan kecerdikan dan kelicikan. 

Ketika terjadi perang antara ali bin abi thalib dengan muawiyah bin abu sufyan, pihak muawiyah meminta untuk berunding, dan keduanya harus melepaskan posisinya sebagai khalifah, abu musa al asy’ari sebagai wakil dari pihak ali yang sudah berusia 70 tahun tidak menyadari bahwa ini taktik licik dari muawiyah, kemudian dengan sepihak muawiyah membaiat dirinya sebagai khalifah pengganti ali. Kenapa demikian? Karena ali sudah melepas posisinya sbg khalifah saat perundingan tadi, inilah kelicikan muawiyah yang tidak disadari oleh pihak ali, disisi lain muawiyah mampu memberikan kekosongan kepemimpinan  dan akhirnya merebut kepemimpinan dari tangan ali. Kejadian ini membuat hasan bin ali dan pendukungnya membuat perlawanan terhadap muawiyah dan akhirnya hasan mampu merebutnya kembali. Kemudian muawiyah dengan kecerdikan dan kelicikannya meminta kepada hasan untuk berunding dan menyerahkan kekhalifahan islam tersebut, dengan berbagai syarat akhirnya hasan pun menyerahkan kepemimpinan kepada muawiyah. Gejolak pun tak dapat dihindari dan suatu ketika saling membunuh menjadi cara yang ampuh untuk merebut posisi atau kekuasaan dari tangan pendahulunya, pertikaian bukan hanya dengan orang lain tetapi dengan keluarga dekatpun terjadi, antara bapak dengan anak kakak dengan adik, itu semua dilakukan karena kekuasaan.dari dinasti2 islam yang ada,  penaklukkan merupaka sebuah keniscayaan untuk kekuasaan yang ingin diraihnya. Baik dengan sesama muslim maupun menaklukkan kaum kufar. Wallahu a’lam bishowab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s