ANDALUSIA PELOPOR KEBANGKITAN EROPA

​Menelisik lebih jauh tentang peradaban islam yang pernah berjaya sungguh mengagumkan, Tak ada padanan yang mampu menyamainya. Sebuah perjalanan yang dibangun atas nilai-nilai keTuhanan, mensyiarkan agama sebagai agama Rahmatan lil’alamin merupakan keharusan. Sumbangsih peradaban Islam dalam membangun peradaban dunia khususnya dibarat diakui oleh seluruh umat manusia. Renaissan di eropa hanya melanjutkan apa yang sudah dicapai oleh umat islam abad ke 7 sampai ke 15 M. Ini bukan hal retoris, tapi fakta sejarah yang berkata demikian. Keunggulan peradaban ummayyah di andalusi (spanyol) merupakan bukti begitu agungnya nilai-nilai islam pada masanya. Bukan hanya bangunan fisik istana alhamra di cordova, istana munyat ar rusyafah diluar cordova atau istana al zahra dan istana madinah al zahira yang mengagumkan, tetapi kecermelangan pengetahuan yang mengagumkan dari para ilmuan-ilmuannya. Tepatnya pada saat khalifah al hakam II yang sangat memperhatikan pengetahuan, beliau adalah khalifah yang bergelar sarjana dan para ahli sejarah menyebut beliau khalifah terbaik yang sangat peduli terhadap pendidikan. Berawal dari lembaga pendidikan dasar dan pendidikan tinggi dengan kurikulum yang sunggu visioner sehingga mampu melahirkan ilmuan seperti ibnu khaldun sosiolog terbaik dunia yang karyanya tak lekang ditelan zaman. Dengan kurikulum pendidikan dasar memuat baca tulis al qur’an, berhitung, dan puisi arab membuat seluruh rakyat pada waktu itu keluar dari buta huruf. Sedangkan pendidikan tinggi kurikulumnya memuat tafsir al qur’an, teologi, matematika, puisi mampu menarik siswa dari andalusia maupun eropan yang muslim maupun yahudi serta nasrani. Kesempurnaan pendidikan di andalusi dengan berdirinya universitas2 besar, seperti universitas cordoba, universitas granada, pepustakaan yang memiliki ratusan ribu judul buku, serta menjamurnya toko-toko buku, semakin menambah tingginya budaya akademik andalusia. 
Kalo dilihat sejarahnya Kemajuan andalusia bukan karena politik, tetapi karena budaya dan pendidikan yang berkembang dan maju. Demikian pula yang terjadi di daulah islam sebelumnya, bahkan politik menjadi sebab hancurnya sebuah kekuasaan daulah disuatu masa. Perebutan kekuasaan antar elit, hidup bermewah-mewahan dalam keluarga penguasa sehingga menyebabkan kemarahan rakyat, ini sebagian contoh betapa nyata politik bukan pembentuk peradaban tapi cenderung menjadi penyebab kemunduran dinasti.
Di Andalusi sejak abdurRahman 1 (addakhil) intrik-intrik sudah mulai muncul melakukan pemberontakan, dilakukan oleh kaum muslimin yang tidak puas dengan khalifah maupun oleh kaum kuffar yang memang menjadi musuh nyata bagi Islam. Dengan kecakapan dan kewibawaannya mampu menjaga keutuhan kedaulatan islam di bumi andalusia. Dalam kondisi politik yang stabil, nyaman dan menentramkan inilah kemajuan-kemajuan andalusia diwujudkan. (Bersambung)

One thought on “ANDALUSIA PELOPOR KEBANGKITAN EROPA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s