MENEGUHKAN VISI DAN MISI MUHAMMADIYAH  (Refleksi milad Muhammadiyah ke 104) 

Milad Muhammadiyah ke 104, satu abad lebih Muhammadiyah berjalan menapaki zaman, berjuang untuk kebahagiaan duniawi dan ukhrawi. Amal salih menjadi basis gerakannya, al maun mampu menggerakkan daya cipta dan karya Ahmad Dahlan sebagai seorang muslim yang mempunyai cara pandang kedepan secara holistik. Kini al maun menjadi sandaran teologi yang mampu menghidupkan semangat beramal salih di Muhammadiyah. 

Ada kearifan klasik yang menyengat kesadaran kita Setiap kali kita membaca kembali Qur’an surah al maun. Kyai Ahmad Dahlan memberikan pembelajaran yang sangat baik bagi kita, tentang belajar islam secara kaffah. Menurut beliau”hafal dan faham itu tidak sama”artinya bahwa tanda kita mengerti pesan penting surat dalam  al Qur’an itu bukan ditampakkan pada kemampuan melafalkan ayat demi ayat didalamnya, karena mengerti bukan lagi termasuk di dimensi kognitif, tetapi munculnya kesadaran evaluatif dalam tindakannya. 

Islam berkemajuan sebagai misi gerakan Muhammadiyah untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. 

Muhammadiyah memandang bahwa islam merupakan agama yang mengandung nilai – nilai kemajuan untuk mewujudkan kehidupan umat yang tercerahkan. Kemajuan dalam pandangan islam yang melahirkan keunggulan hidup lahiriah dan ruhaniah. 

Islam yang berkemajuan memancarkan pencerahan bagi kehidupan, yang merupakan Refleksi nilai-nilai kehidupan sehari-hari dari transendensi, liberasi, emansipasi, dan humanisasi sebagaimana terkandung dalam pesan Quran surat ali imron ayat 104 dan 110 yang menjadi inspirasi kelahiran Muhammadiyah. 

Dalam quran surat al imron ayat 104 dan 110 tersebut bisa di jelaskan bahwa umat terbaik itu bisa terwujud dengan 3 hal, pertama dengan amar ma’ruf, kedua nahi munkar,  ketiga beriman kepada Allah. Dan ketiga-tiganya bisa terwujud dengan cara berorganisasi. Perkataan Ali bin Abi Talib kebaikan yang tidak teratur, bisa dikalahkan oleh kejahatan yang teratur. 

Islam berkemajuan akan menyemai Benih-benih kebenaran, kasih sayang, harmoni sehingga tumbuh keselarasan antara teks al Qur’an dan konteks kehidupan. Bukan hanya akidah, ibadah dan akhlak yang cemerlang, tetapi muamalah duniwiyah pun akan semakin maju dan beradab. Ini Muhammadiyah yang mampu bertahan dan berkembang sesuai dengan misi yang di embannya, yaitu gerakan islam dakwah amar ma’ruf nahi munkar. 

Dalam rangka milad ke 104 ini, semoga visi dan misi Muhammadiyah bisa di perjuangkan dengan teguh, komitmen terhadap umat dan mampu membawa Islam sebagai agama rahmatan lilalamin. (Zen) 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s