Inspirasi Abdurrahman ad dakhil sebagai pemimpin ideal

Nama lengkapnya Abdurrahman bin muawiyah bin hisyam bin abdul malik, seorang keturunan daulah umayah di damascus yang berhasil menyelamatkan diri dari pembantaian besar-besaran yang dilakukan oleh abdul abbas assaffah. Sebuah perjalanan heroik yang mampu memberikan keteladanan tentang kegigihan, keuletan, dan kecakapan sebagai seorang manusia dan calon pemimpin sebuah daulah besar yaitu Umayah di andalusia Spanyol. 

Abdurrahman ad dakhil merupakan satu-satunya keluarga umayah di damascus yang masih tersisa,  Gelar ad dakhil artinya Penakluk yang masuk, yang dimaksud Penakluk yang masuk yaitu Abdurrahman menaklukkan kembali daerah andalusia yang sebelumnya sudah di takklukan oleh panglima tariq bin ziyad dari tangan penguasa castilia. 

Ada hal yang menarik dari kepemimpinan Abdurrahman ad dakhil, kepemimpinan Abdurrahman sangat cemerlang, kepemimpinan yang dibangun diatas konsolidasi dan musyawarah antar suku dan kelompok, yang kemudian membuat harmoni dan keselarasan tujuan, membuat Abdurrahman ad dakhil mampu mengeksplore semua daya dan kemampuannya dalam memimpin. 

Setelah keadaan internal kondusif, Abdurrahman mulai membangun peradaban dengan gemilang, warisan bangunan yang bisa kita lihat hingga saat ini seperti mesjid cordova, istana munyatur rusyafah, Kota yang bersih, banyaknya didirikan fasilitas umum semisal, perpustakaan, Tempat pemandian umum, saluran air yang bersih. 

Dari sejarah kegemilangan masa lalu bisa kita ambil hikmahnya bahwa kemajuan dan kejayaan bisa tercipta karena kondusifitas internal maupun eksternal. Selain itu, keteguhan hati, keberanian dan Kejujuran pemimpin merupakan Satu modal yang harus dimiliki dalam kepemimpinan. 

Zaenal Arifin (guru tarikh islam.) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s