Menyemai Best Practice AIK* di Sekolah Muhammadiyah

Pada tanggal 24 oktober 2016, majelis dikdasmen Pwm jateng bekerja sama dengan program studi pendidikan agama islam FAI UMS mengadakan workshop best practice, kegiatan tersebut mengundang sekolah –  sekolah Muhammadiyah unggulan di Jawa Tengah. Best practice masing-masing sekolah di sampaikan, satu sama lain saling melengkapi, Sehingga masing-masing sekolah bisa menyerap best practice dari sekolah lain. Ada 4 jenis program yang harus disampaikan:

  1. Hafidz/tahfid
  2. Pembiasaan
  3. Sukses lomba
  4. Ciri khusus lainnya. 

Dari 4 hal itu muncul berbagai macam pengalaman dari masing-masing sekolah, mulai dari tahfiz sampai ciri khusus lainnya menjadi informasi baru yang sangat dibutuhkan oleh sekolah. 

Memang sudah saatnya sekolah Muhammadiyah menjadikan ciri khususnya sebagai daya tarik bagi masyarakat. Pengalaman peserta dari Karanganyar menyebutkan bahwa program tahfizd yang mereka lakukan mampu membuat daya pikat bagi masyarakat, dari siswa 500 an sekarang sudah sampai 1700 an siswa, karena output yang mereka hasil kan sungguh luar biasa, hafal sampai 7 juz. Selain itu pembiasaan yang bermanfaat untuk menunjang karakter siswa digalakkan. Club AIK juga menjadi satu kegiatan terprogram untuk Menghadapi kompetisi. Ada juga  pengembangan kurikulum syariah sebagai ciri khususnya. 

Tujuan dari kegiatan ini yaitu terbentuknya suplemen yang bisa dijadikan acuan bagi seluruh sekolah Muhammadiyah, sesuai dengan latar belakang dan karaktetistik masing-masing sekolah. Sehingga muncul ciri khas yang bisa memberikan warna dalam pendidikan Muhammadiyah. 

Dari usaha itu semua merupakan usaha kita untuk melanggengkan eksistensi sekolah Muhammadiyah yang semakin hari semakin berat persaingannya. Maka mari kita mulai dengan karya-karya yang positif untuk kemajuan dan kejayaan sekolah Muhammadiyah di indonesia pada umumnya dan sekolah kita khususnya. 

Dengan dukungan semua pihak, insya Allah kita akan di cari konsumen karena inilah yang selama ini masyarakat rindu kan. 

*AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s