SERBA SERBI MUSYDA MUHAMMADIYAH

Musyda Muhammadiyah sebentar lagi, suhu “politik” mulai hangat.  Para calon pimpinan sudah melewati tahap 39 yg dipilih peserta musypimda yang dilaksanakan dua pekan lalu. Dengan metode e-voting yang diklaim oleh panitia yang pertama kali di Indonesia. 

Mari kita bahas dari musypimda dua pekan lalu,  ada kejadian yang menarik dan menunjukkan panlih (panitia pemilihan) tidak paham dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi), ketika panlih terlalu jauh menentukan nama peserta dari ortom (organisasi otonom) yang belum mendelegasikan nama peserta musypimda. Padahal panlih itu hanya mempunyai tupoksi administrasi untuk kelancaran pemilihan, bukan mengobok-obok internal ortom. Semoga ini hanya kekhilafan panlih,  bukan kesengajaan. Akhirnya, peserta pun tidak seperti yang dikehendaki oleh panlih, tapi yang hadir adalah peserta yang didelegasikan oleh masing-masing ortom dengan surat mandat.

Dalam perjalanannya dari pengamatan, panlih memang paling dominan dalam hal show of force, karena memang panlih ini menjadi bagian strategis mendorong salah satu calon untuk di soundingkan kepada pemilik suara, sehingga ada indikasi panlih tidak netral.

Komposisi panlih tua muda dengan tidak jelasnya surat pengangkatan, sehingga ada panlih penyusup yang disusupkan oleh oknum kader partai untuk mendukung salah satu calon. Dengan dalih mahir komputerisasi dsb. Menurut kami ini cacat. Bahkan sampai ketua panlih ikut komunikasi dengan pemilik suara untuk memilih calon tertentu.

Tapi kita tunggu hasil dari proses musyda ini semoga tetap menghasilkan keputusan yang terbaik, walau prosesnya sudah seperti penjelasan diatas. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s