TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Pendidikan Indonesia masih berorientasi pada sisi kognitif semata, semua standar kompetensi peserta didik berdasarkan nilai / angka. Walaupun dalam kurikulum 2013 sudah mulai mengarah pada nilai sikap dan ketrampilan, tetapi belum mempunyai formula yang baik dalam implementasinya. Kalau kita bandingkan dengan pendidikan diluar negeri, misalnya Jepang, Jepang mempunyai visi yang jelas dan sederhana dalam pengembangan kurikulumnya. Pendidikan dasar merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan karakter pada peserta didik, mulai dari keyakinan, sikap,  dan disiplin, sehingga pendidikan dasar betul-betul menjadi penentu bagi jenjang selanjutnya. Karakter yang baik sudah terbentuk dalam pendidikan dasar sebagaimana mestinya. Kemudian pendidikan menengah menjadi tempat pengembangan kompetensi diri yang maksimal, kemampuan masing-masing mampu dioptimalkan dan dikembangkan sesuai dengan bakat dan minat peserta didik. Begitu juga dengan jenjang pendidikan tinggi mampu menghasilkan karya yang mampu membuat setiap individu berkarya sesuai cita-citanya.

Pendidikan dasar menjadi tiang bagi pendidikan secara keseluruhan, kalau tiang itu kokoh maka akan membentuk bangunan yang tahan lama.  Karakter disiplin, jujur, budaya tertib menjadi hal yang paling utama dalam proses pendidikan untuk diraih. Menciptakan ilmuwan yang humanis, religious merupakan inti dari pendidikan, sehingga kita tidak akan menemukan lagi orang yang melakukan tindakan melanggar dengan ilmunya. Perdamaian dunia bisa terwujud kalau karakter tersebut bisa hadir disetiap benak dan hati masing-masing.

Kontrol kemanusiaan dan agama menjadi hal yang penting dikala dunia ini silau dengan modernisasi yang cenderung ‘menjerumuskan` dan melenakan. Pendidikan Indonesia seharusnya mampu memanusiakan manusia sebagaimana inti dari pendidikan itu sendiri. Pendidikan merupakan proses mendewasakan diri dalam segala hal terutama yang terkait dengan soft skill, bukan hanya Hard skill yang menjadi tujuan. Diharapkan setelah menempuh pendidikan formal manusia mampu tampil beda, dengan yang tidak mengenyam pendidikan. Adapun tips menghadapi Ujian Nasional diantaranya:

1. Rileks / santai
Kondisi ini harus hadir dalam  diri kita, syaraf syaraf yang tegang dikendurkan, supaya apa yang sudah dipelajari bisa diingat. Jangan melakukan belajar kebut semalam, karena aktivitas itu akan  kontra produktif dengan Rileks.

2. Berdoa kepada ALLAH
Berdoa aktivitas yang wajib dilakukan oleh manusia, sebagai yang dicipta maka harus patuh kepada pencipta. Dalam hal ini kalau hamba tidak meminta kepada ALLAH maka termasuk hamba yang sombong, padahal kesombongan hak ALLAH. Yakin bahwa setelah berusaha dan dilanjut dengan doa maka Allah memberikan hasil yang terbaik untuk kita.

3. Jujur
Kejujuran menjadi kunci dari setiap aktivitas kita. Jujur membuat hati kita menjadi tenang dan inshaAllah akan dilapangkan jalannya oleh Allah swt.

Dari 3 (tiga) tersebut saling terkait, sehingga apa yang dilakukan selama tiga tahun ini tidak menjadi sia-sia karena ketidaktahuan manusia. Semoga bermanfaat untuk siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional.

Selamat bertanding, jadilah pemenang bukan pecundang

One thought on “TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s