HIKMAH DARI SEJARAH ABAD KLASIK DAN PERTENGAHAN

Sejarah peradaban islam mencatat bahwa abad klasik merupakan puncak kejayaannya. Dari zaman nabi, khulafaurrasyidin, dinasti umayah di damaskus   dinasti abbasyiyah di baghdad,sampai dinasti umayah di andalusia menjadi sejarah gemilang islam. Apakah yang menjadi pendorong kejayaan masa itu? Kalau kita lihat dengan seksama bahwa kemajuan sebuah bangsa tidak terlepas dari pemerintah dan masyarakatnya. Masyarakat beradab pasti diawali dari pribadi yang berakhlak. Peradaban manusia pada masa itu tidak terlepas dari budaya keilmuan yang cukup masif. Program penerjemahan manuskrip Yunani sangat banyak, dialih bahasakan ke dalam bahasa Arab. kegiatan keilmuan tersebut mendapat dukungan dan apresiasi dari khalifah. Sebagai contoh pada masa khalifah al Makmun penerjemah mendapatkan imbalan dari sang khalifah berupa emas seberat buku yang diterjemahkan. Budaya akademik menjadi faktor penting dalam kemajuan sebuah bangsa atau negara,seperti yang sudah kita ketahui para ilmuwan atau cendekiawan muslim muncul dengan karya-karya yang pengaruh bukan hanya di dalam lingkungan istana tetapi juga berpengaruh di dunia barat saat itu.
Selain budaya menerjemahkan yang populer, dinasti juga mendukung dengan tindakan nyata yakni mendirikan perpustakaan – perpustakaan yang didalamnya terdapat ratusan ribu koleksi buku. Sehingga tidak ada kesempatan masyarakat untuk tidak membaca buku. Dengan kondisi yang demikian itu rakyat atau masyarakat terbiasa dengan keadaan dinamis.
Peradaban berupa bangunan juga menjadi produk dari islam zaman klasik, teknologi berkembang pesat dengan banyak munculnya penemuan – penemuan baru yang membuat islam semakin berwibawa. Dengan ciri-ciri yang menonjol islam klasik menjadi rujukan dunia pada waktu itu. Dari ilmu pengetahuan maupun bangunan – bangunannya islam meninggalkan peradaban kelam bangsa lain.
Dari kilas sejarah diatas tentunya bisa dijadikan bahan renungan untuk umat manusia saat ini. Khususnya negara-negara islam modern termasuk Indonesia, dengan mengembangkan budaya ilmu pengetahuan yang matang, kegiatan akademik mendapatkan apresiasi dari pemerintah, munculnya banyak perpustakaan didaerah sehingga mampu menghidupkan daya nalar yang sungguh menarik mutlak diperlukan. Dan yang lebih penting lagi penghargaan untuk anak bangsa harus menjadi prioritas negara, apapun bentuknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s