KEPEMIMPINAN SEMPURNA (kolaborasi nilai ketuhanan dan kesucian jiwa)

Rahasia kebesaran dan kesuksesan Muhammad Saw, dalam memimpin umat baik dalam medan perang maupun kehidupan sehari-hari terletak pada pribadi Muhammad sebagai manifestasi wahyu ilahi. Kecakapan dalam membentuk karakter pasukan yang rela memikul tanggung Jawab bersama, melewati perjuangan panjang nan terjal dan kesabaran yang dahsyat, belum ada tandingannya hingga saat ini.
Dengan keunggulan pribadi tersebut Muhammad sebagai teladan umat disetiap kesempatan dan keadaan mampu membalikkan situasi, dari posisi lemah ke posisi kuat, dari posisi bertahan ke posisi menyerang.
Prinsip yang menjadi pegangan Muhammad saw dalam peperangan, bahwa posisi bertahan tidak memberi kemenangan maksimal dibanding dengan menyerang. Disitulah seorang pemimpin sejati dengan karakteristik yang sungguh mengagumkan, karakter Muhammad itulah yang menjadi penentu serangkaian keberhasilan yang dinikmati oleh Muhammad dan umatnya.
Diantara karakter Muhammad yang bisa kita teladani yaknj:
1. Muhammad sosok pemberani
2. Muhammad memiliki tekad kuat
3. Muhammad pemimpin penuh tanggung jawab dalam segala tindakan
4. Muhammad mengenal baik sifat, kemampuan, dan kelebihan setiap sahabat
5. Muhammad memiliki visi jauh kedepan
6. Muhammad memiliki Jiwa yang luhur
7. Muhammad selalu memohon perlindungan Allah disetiap aktivitasnya.
Gaya kepemimpinan yang menggabungkan nilai ketuhanan dan kesucian jiwa, Muhammad memberikan sumbangsih kepada dunia yang tiada tandingannya.
Kajian sejarah perjalanan hidup sang Utusan Allah memberikan pelajaran kepada kita, bahwa kepemimpinan bukan soal banyak pasukan atau pengikut untuk mencapai keberhasilan, tetapi keteladanan dari pemimpin menjadi faktor penentu kesuksesan. Prinsip dalam memilih pemimpin jangan pilih pemimpin yang mengajukan dirinya sendiri, karena dia pasti akan berkhianat pertama kali. Tetapi pilihlah pemimpin yang didorong oleh umat.
Pilkada sudah usai tinggal menunggu aksi sang terpilih, mau dibawa kemana kita, dibawa kepada kebaikan, kemakmuran atau menuju kemunduran yang menyakitkan. Semoga Allah memberikan kemudahan kepada pemimpin pemimpin kita untuk menjalankan amanat rakyat dan tuhannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s