Lima Negara Merayakan Idul Fitri Rabu
28 NEGARA MERAYAKAN LEBARAN HARI INI MESKI TIDAK BANYAK YANG MELIHAT HILAL
Selasa, 30 Agustus 2011, 16:44 WIB

Bonardo Maulana Wahono
VIVAnews – Sidang itsbat yang berlangsung sengit semalam akhirnya berhasil memutuskan bahwa 1 Syawal 1432 Hijriah di Indonesia jatuh pada 31 Agustus 2011.

Dengan ditetapkannya tanggal itu, jelas pula kiranya kapan para pemeluk Muslim di tanah air dapat merayakan lebaran.

Dipimpin langsung oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali, sidang yang diikuti oleh berbagai organisasi massa (ormas) Islam di Indonesia seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah mengetengahkan simpulan laporan dari beberapa titik rukyat, yang secara umum berarti melihat langsung hilal dengan mata.

Laman moonsighting.com mencatat 28 negara seperti Saudi Arabia, Perancis, Amerika Serikat, Yordania, Filipina – untuk menyebut beberapa – memilih hari ini, Selasa, 30 Agustus 2011 sebagai hari pertama bulan Syawal. Dengan demikian, negara-negara itu secara otomatis resmi merayakan lebaran pada hari yang sama.

Sementara itu, selain Indonesia, negara lain yang akan memuliakan Idul Fitri pada hari Rabu, 31 Agustus 2011, adalah Oman, Tanzania, Afrika Selatan dan Selandia Baru.

Namun, laman yang sama menunjukkan bahwa rukyat di sekitar 16 negara pada tanggal 29 Agustus 2011 hanya menempatkan Cili sebagai satu-satunya yang melihat hilal. Turki, China, Perancis dan Filipina gagal menyaksikan hilal. Namun, keputusan mereka segendang-sepenarian dengan 24 negara lain yang merayakan lebaran hari ini.
• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s