Model Pembelajaran Aktif

1. ISGD (Information search group discussion)
Diawali dengan pengantar dan baca dari guru dan siswa, kemudian siswa dibagi menjadi 4 kelompok:
a. Kelompok 1 menanyakan
b. Kelompok 2 menjawab
c. Kelompok 3 berpendapat setuju / tidak
d. Kelompok 4 menyimpulkan
2. ICM (index card match)
Diawali dengan pengantar dan baca dari guru dan siswa, kemudian seluruh siswa diberi kartu yang isinya pertanyaan dan jawaban, masing-masing cari pasangan, setelah ketemu pasangannya dibahas satu persatu yang lain bisa berpendapat.
3. Peer Teaching
Dibagi kelompok, kemudian siswa membaca dan berdiskusi, hasil diskusi atau rangkuman ditulis dikertas plano, kemudian presentasi kelompok
4. GJ (Galery Jawaban)
Siswa disuruh baca kemudian siswa diberi kartu yang isinya pernyataan dan jawabannya dikumpulkan didepan terus siswa disuruh ambil / cari yang berpasangan
5. Jig Saw
a. Siswa dibagi kelompok (sesuai bahasan)
b. Masing-masing individu menerangkan
c. Setiap kelompok anggotanya diberi kertas kecil bertulis angka sesuai dengan jumlah anggota kelompok
d. Nomer 1(satu) gabung dengan Nomer 1 kelompok lain dst…..
e. Masing-masing mempresentasikan dari hasil kelompok sebelumnya bergantian
f. Presentasi kelompok kedua (final)
6. Psycal Self Assesment
a. Kertas kecil ditulis angka 1 sampai 5
b. Tempel muter ditembok
c. 1. Sangat setuju, 2. Setuju, 3. Netral, 4. Tidak setuju, 5. Sangat tidak setuju
d. Guru membacakan statement:
1. Berbohong untuk kebaikan
2. Saya tidak mau menolong karena dia malas
3. Belajar tujuannya nilai

One thought on “Model Pembelajaran Aktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s