PEMBAHARUAN DALAM ISLAM

Pengertian Pembaharuan
Dalam bahasa Indonesia telah selalu dipakai kata modern, modernisasi dan modernism, seperti yang terdapat umpanya dalam “aliran-aliran modern dalam islam” dan “islam dan modernisasi”. Modernism dalam masyarakat barat mengandung arti fikiran, aliran, gerakan dan usaha untuk merubah faham-faham, adat istiadat, institusi-institusi lama dan sebagainya untuk disesuaikan dengan suasana baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
Pikiran dan aliran ini segera memasuki lapangan agama dan modernism dalam hidup keagamaan dibarat mempunyai tujuan untuk menyesuaikan ajaran-ajaran yang terdapat dalam agama katolik dan protestan dengan ilmu pengetahuan dan filsafat modern. Aliran ini akhirnya membawa kepada timbulnya sekularisme di masyarakat barat.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern memasuki dunia islam, terutama sesudah pembukaan abad ke-19 yang dalam sejarah islam dipandang sebagai permulaan periode modern. Kontak dengan dunia barat selanjutnya membawa ide-ide baru kedunia islam seperti rasionalisme, nasionalisme, demokrasi dan sebagainya. Semua ini menimbulkan persoalan-persoalan baru, dan pemimpin-pemimpin islam pun mulai memikirkan cara mengatasi persoalan-persoalan baru itu.
Sebagai halnya di barat, didunia islam juga timbul pikiran dan gerakan untuk menyesuaikan faham-faham keagamaan islam dengan perkembangan baru yang ditimbulkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern itu. Dengan jalan demikian pemimpin-pemimpin islam modern mengharap akan dapat melepaskan umat islam dari suasana kemunduran untuk selanjutnya dibawa kepada kemajuan.
Kaum orientalis, yang sejak lama mengadakan studi tentang islam dan umat islam, mempelajari perkembangan modern tersebut. Hasil penyelidikan itu pada mulanya mereka siarkan dalam bentuk artikel dimajalah-majalah ilmiah dan kenudian dalam bentuk buku.
Hasil penyelidikan kaum orientalis barat ini segera melimpah ke dunia islam. Kaum terpelajar islam mulailah memusatkan perhatian pada perkembangan modern dalam islam dan kata yang dipakai dalam islam seperti al-tajdid dalam bahasa arab dan pembaharuan dalam bahasa Indonesia. bersambung

2 respons untuk ‘PEMBAHARUAN DALAM ISLAM

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.