Business Centre Manufacture Kanzen Auriga

 

SMK Negeri 5 Surakarta merupakan sebuah sekolah kejuruan berstandar internasional di Jawa Tengah. Berlokasi di Jl. Adi Sucipto no.42 Surakarta, SMK Negeri 5 Surakarta memiliki 4 jurusan unggulan, yaitu:

  • Jurusan Teknik Mekanik Otomotif
  • Jurusan Teknik Mesin Perkakas
  • Jurusan Teknik Bangunan, dan
  • Jurusan Instalasi Listrik

Salah satu jurusan unggulan adalah jurusan Teknik Mekanik Otomotif. Salah satu syarat sekolah yang berstandar Internasional, adalah mempunyai business center. Bussiness center manufaktur yang dimiliki Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 5 Surakarta telah berhasil menunjukkan karya dan kinerja yang membanggakan, setidaknya lini ini telah mampu melaksanakan perakitan dan pemasaran produk sepeda motor Kanzen.

School Business Plan (SBP) adalah program perencanaan sekolah menuju Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) yang sebelumnya dikenal dengan istilah School Development and Investment Plan (SDIP). Pada awalnya SDIP digunakan untuk pengembangan satu program keahlian sebagai program ristisan SBI yang didalamnya Unit Produksi dikembangkan sebagai Teaching Factory, sedangkan SBP adalah program pengembangan Sekolah Bertaraf Internasional untuk seluruh program studi yang akan dikembangkan selama 4 tahun yang akan datang .

Pada prinsipnya SBP memuat komponen dan sub-komponen yang sama dengan komponen dan sub-komponen yang ada dalam SDIP. Namun demikian terdapat penyederhanaan disesuaikan dengan Road Map dan kebijakan-kebijakan Direktorat Pembinaan SMK yang berkembang saat ini.

Secara garis besar, SBP Manufacture memuat rumusan Target Pengembangan Business Center Manufacture SMK NEGERI 5 SURAKARTA, teaching factory dengan perakitan mesin perkakas/CNC dan perakitan sepeda motor KANZEN AURIGA untuk mendukung Production Based Training serta rencana pengembangan kedepan .

Sudah 43 unit Auriga Esemka yang laku. Harganya Rp 7,5 juta (OTR). Ada stok 50 unit. Mesinnya 100 cc SOHC, perakitan siswa kelas 2 jurusan teknik otomotif dan diawasi langsung para pengajar. Soal mutu diawasi pihak Kanzen. Pembelinya instansi atau jajaran SMK lainnya di Solo. Ada garansi perawatan 3 tahun. Business Center SMK Negeri 5 yang plus showroom ini mirip gerai 3S ATPM. Peralatannya lengkap, begitu juga stok suku cadang. Buka mulai pukul 08.00-15.00 wib. Bisa juga tangani servis merek lain. Biaya jelas bersahabat, Rp 15 ribu. Berminat beli Auriga Esemka? Hubungi SMKN 5 ini di nomor (0271) 713916 atau 081329000368 (Pak Dhar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s